Setelah melaunching Sekolah Menengah Kejuruan berbasis Teaching Factory pada Miladnya yang ke 50, SMK Muhammadiyah Wonosari terus melakukan inovasi pembelajaran berbasis TeFa pada masing-masing jurusan yang ada. Berbagai pengembangan yang telah dilakukan adalah sebagai berikut.


  1. M One Bakery : unjuk gigi Jurusan Tata Boga sebagai Wujud Pendidikan berbasis TeFa
    Pemberian nama M One Bakery berasal dari Muhammadiyah 1 Bakery. M One Bakery merupakan salah satu unit usaha yang ada di SMK Muhammadiyah Wonosari sebagai realisasi penerapan pembelajaran berbasis industry di jurusan Tata Boga. Unit usaha ini mendapatkan dukungan dari berbagai pihak seperti pemerintah dan TEFA sendiri yang berupa peralatan masak.
    Didalam unit ini, terdapat beberapa pelayanan yg diberikan seperti menerima pesanan catering, kue,snack dan sebagainya. Semua pesanan tergantung minat para pelanggan yang merupakan masyarakat umum. Unit ini juga menyediakan kantin harian yang menjual makanan untuk semua warga sekolah baik guru,karyawan dan seluruh siswa.
    M one Bakery ini bertujuan untuk melatih jiwa kewirausahaan para siswa siswi, melatih kemampuan atau skill khususnya pada bidang kuliner dan sebagai kegiatan semi profit atau penghasilan tambahan.pengahasilan tambahan tersebut digunakan untuk merawat peralatan masak atau untuk membeli peralatan masak yg belum dipunyai m one bakry. M one Bakry ini dikelola oleh Ibu Ratnayu Reni Kusumawati, S.Pd. dan Ibu Ambar Tristiyani, S.Pd. selaku guru produktif jasa boga dengan dibantu satu orang karyawan dan juga para siswa yang bertugas piket.
  2. 2018 Jurusan Multimedia dan Animasi release Kanada Production
    Kanada Production
    Adalah suatu wadah yang bertujuan untuk menampung siswa yang memiliki kreatifitas yang tinggi dibidang desain grafis, animasi, fotografi dan sebagainya. Disamping pembelajaran di kelas, siswa yang merupakan anggota kanada production juga mempunyai motivasi untuk berkreatifitas seluas-luasnya, namun mempunyai aturan etika yang sesuai dengan ajaran agama. Kanada Producion merupakan sebuah tim yang sudah ahli dalam bidang desain grafis, fotografi model, fotografi human interest dan sebagainya. Kanada producion juga menyediakan layanan berupa liputan syuting manten, syuting even-even tertentu, pertemuan atau rapat dan melayani pembuatan company profile.
    Crew dari kanada production terdiri dari 5 siswa jurusan Multimedia yaitu Romy Dwi Rohmad, Reza Wardana Putra, Dani Saputra, Rio Ezar Toni Anggoro, dan Nanda Riyanto yang dibimbing oleh guru produktif multimedia yaitu Bapak Prananta Binu Aji, S. Kom., bapak Aprianto Dwi Atmaji, S.Pd, dan bapak Purnawan, S.Kom.
  3. BedakMU produk inovasi siswa-siswi Jurusan Farmasi
    BedakMU adalah salah satu produk pertama yang dibuat oleh siswa-siswi jurusan keahlian Farmasi. Bedak ini terbuat dari bahan-bahan yang baru, diantaranya Talcum, Acid Salicyl, dan Menthol. Keunggulan dari produk ini yaitu memiliki tekstur yang sangat halus. Khasiat dari bedak ini sebagai anti iritasi seperti kemerah-merahan. Dalam pembuatan bedak ini siswa-siswi di bimbing oleh Guru Farmasi yaitu Bapak Dedy Groho S. BedakMU sudah berhasil di uji coba serta sudah digunakan untuk pameran antar SMK Muhammadiyah se-DIY yang diselenggerakan di UMY.
  4. Layanan BMT Surya Mandiri Syari’ah realisasi pembelajaran berbasis TeFa jurusan Perbankan Syari’ah
    BMT SMS adalah lembaga keuangan mikro syariah berbasis koperasi yang merupakan unit bisnis amal usaha SMK Muhammadiyah Wonosari. Selain itu BMT SMS juga merupakan tempat edukasi untuk siswa perbankan syariah maupun akuntansi terkait dengan praktek pelayanan dan sistem informasi lembaga keuangan.
    Produk Simpanan BMT Surya Mandiri Syari’ah diantaranya:
    a. Simpanan Mudharabah
    b. Simpanan Hari Raya Idul FITRI
    c. Simpanan Hari Raya Idul Qurban
    d. Simpanan Haji dan Umroh
    e. Simpanan Pendidikan
    f. Simpanan Walimah
    g. Simpanan Kunjungan Industri ( untuk Siswa)
    Produk pembiayaan BMT Surya Mandiri Syari’ah diantaranya:
    a. Pembiayaan Murabahah (Jual Beli)
    b. Pembiayaan Ijarah (Sewa Jasa)
    Layanan produk pendukung yaitu Pelayanan pembayaran PPBOB diantaranya
    a. Pembelian tiket pesawat terbang
    b. Pembelian tiket kereta api
    c. Pembayaran listrik
    d. Pembelian pulsa
    e. Pembelian pulsa token listrik,dll.
  5. School Mart Kanada (Akuntansi)
    School Mart merupakan unit usaha sekolah yang bergerak dibidang ritel. Unit usaha ini menyediakan berbagai alat tulis dan kantor, sembako, aneka jenis makanan dan minuman, pakaian seragam dan kebutuhan rumah tangga lainnya. Segmen pasar dari usaha ini adalah seluruh siswa, guru, karyawan, dan masyarakat yang berada di sekotar sekolah. School Mart ini telah beroperasi beberapa tahun yang pada tahun 2018 ini dipimpin oleh Hesti Romdiniyatun, S.Pd.