WELCOME TO MUHI KANADA

(Sekolah Islam Unggul Berbasis Teaching Factory)

Tsulistianta Subhan Aziz, M.Pd. (Kepala SMK Muhammadiyah Wonosari)

Terhitung sejak tanggal 28 Februari 2018, SMK Muhammadiyah Wonosari telah resmi menjadi Sekolah Berbasis Teaching Factory, diresmikan oleh Direktur Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan (Ditpsmk), Dr.Ir. M. Bakrun, MM. Kegiatan launching tersebut bertepatan dengan Milad SMK Muhammadiyah Wonosari ke-50. Sebagai sekolah berbasis Teaching Factory, SMK Muhammadiyah Wonosari berusaha mendesain pembelajaran dengan memadukan sepenuhnya antara belajar dan bekerja, tidak lagi memisahkan antara tempat penyampaian materi teori dan tempat materi produksi (praktek). Hal ini berarti siswa SMK nantinya akan mengalami pembelajaran yang didesain seperti dunia usaha dan dunia industri yang sebenarnya.

Hingga tahun 2019, SMK Muhammadiyah Wonosari telah memiliki 7 (tujuah) program keahlian, yaitu Akuntansi, Perbankan Syari’ah, Multimedia, Jasa Boga, Animasi, dan Farmasi, serta Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM). Akuntansi merupakan ilmu yang sangat esensial di era MEA yaitu untuk kepentingan keuangan dan manajemen usaha dagang. Perbankan Syari’ah juga menjadi penting di tengah isu faktual tentang pembangunan ekonomi kerakyatan, yaitu dengan memberikan bantuan dana kredit yang sesuai dengan syari’ah Islam. Multimedia, program keahlian yang sangat tepat di tengah maraknya perkembangan teknologi audio visual di berbagai sektor kehidupan, sehingga siswa dididik menjadi pencipta tidak sekedar pengguna. Jasa Boga merupakan program keahlian yang bisa dikatakan paling prospektif, karena manusia akan selalu butuh makan dan karena kesibukannya manusia lebih memilih untuk membeli makanan instan, sehingga tenaga di bidang boga sangat dibutuhkan. Animasi menjadi ikon menjanjikan di tengah maraknya dunia periklanan dan perfilman di tengah persaingan pasar global, sehingga kebutuhan tenaga kerja di bidang ini jelas sangat banyak. Farmasi kita ketahui sebagai bidang yang sangat diminati karena tenaga bidang ini sangat potensial berkembang di dunia medis yang notabene sangat diperlukan oleh masyarakat umum, sehingga menjadi sangat prospektif. Kemudian jurusan termuda kami yaitu Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM), diharapkan dapat mempersiapkan profesional di bidang perawatan dan pemasaran sepeda motor di tengah maraknya perkembangan bisnis sepeda motor di tanah air.

Perkembangan jurusan di SMK Muhammadiyah Wonosari diikuti dengan berbagai inovasi pembelajaran berbasis Teaching Factory pada masing-masing jurusan yang ada. Berbagai pengembangan yang telah dilakukan adalah sebagai berikut:

  1. TPKU Jasa Boga dengan brand M One Bakery

Merupakan penerapan pembelajaran Teaching Factory jurusan Tata Boga, dengan dukungan dari sekolah dan Dinas Koperasi Kabupaten Gunungkidul. Unit TeFa ini menyediakan layanan seperti catering acara kantor/dinas, pembuatan cake and bakery, pelayanan kantin sekolah (makanan dan minuman). Pelayanan tersebut dapat dilakukan dengan cara datang langsung ke outlet M One Bakery atau dengan system Delivery Order.

  • Kanada Production

Kanada Producion merupakan implmentasi Teaching Factory pada jurusan Multimedia dan Animasi. Sebagai sebuah tim ahli dalam bidang desain grafis, fotografi model, fotografi human interest dan sebagainya, Kanada production mendorong siswa untuk tidak hanya belajar di kelas namun melayani kebutuhan masyarakat sekita. Kanada producion juga menyediakan layanan berupa liputan (Shooting) acara resepsi pernikahan, seminar/workshop atau rapat; melayani pembuatan company profile; jasa fotografi; serta jasa cetak foto, mug, tas, kaos, dan sebagainya.

  • Unit TeFa Farmasi

Merupakan unit yang mengajak para siswa jurusan Farmasi menciptakan produk-produk di bidang farmasi seperti bedak, balsem, handsanitizer, sabun pencuci piring, masker wajah herbal, minuman serbuk herbal dan sebagainya. Produk-produk tersebut dikembangkan sebagai bentuk inovasi dan pelatihan produksi produk kesehatan untuk kemudian diurus perizinannya dan dipasarkan di lingkungan sekitar. Di tahun 2019 ini, produk unggulan Farmasi SMK Muhi Kanada adalah ALILY (Handsanitizer ekstrak lemon) dan SLINK (Sabun cuci piring).

  • BMT Surya Mandiri Syari’ah

Merupakan unit Teaching Factory jurusan Perbankan Syari’ah, bergerak sebagai lembaga keuangan mikro syariah berbasis koperasi yang merupakan unit bisnis amal usaha SMK Muhammadiyah Wonosari. Selain itu BMT SMS juga merupakan tempat edukasi untuk siswa perbankan syariah maupun akuntansi terkait dengan praktek pelayanan dan sistem informasi lembaga keuangan. BMT SMS menyediakan berbagai produk simpanan, produk pembiayaan, dan produk pembayaran/pembelian. 

  • School Mart SMK Muhammadiyah Wonosari

Merupakan unit usaha sekolah yang bergerak dibidang ritel sebagai bentuk pembelajaran Teaching Factory pada jurusan Akuntansi. Unit usaha ini menyediakan berbagai alat tulis dan kantor, sembako, aneka jenis makanan dan minuman, pakaian seragam dan kebutuhan rumah tangga lainnya. Segmen pasar dari usaha ini adalah seluruh siswa, guru, karyawan, dan masyarakat yang berada di sekotar sekolah.

Dengan demikian, SMK Muhi Kanada tidak hanya melakukan aktivitas pembelajaran di dalam kelas melainkan telah melakukan pembelajaran langsung di lapangan bahkan sudah berorientasi pada pengembangan usaha/industry. Nantinya, diharapkan dapat terwujud lulusan unggul siap kerja dan siap membangun usaha sesuai bidang keahlian masing-masing. Jangan khawatir, SMK Muhi Kanada adalah pilihan yang tepat dan cerdas untuk mengukir masa depan. Tidak hanya smart tapi juga jago bekerja dan berwirausaha. Selamat datang, selamat bergabung, mari berjuang bersama untuk kesuksesan Anda! SMK Muhammadiyah Wonosari is the “Perfect choice for your future”

Salam hormat, Kepala SMK Muhi Kannada