OlympicAD PWM DIY merupakan ajang bergengsi di lingkungan sekolah Muhammadiyah yang diselenggarakan oleh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) DIY dengan tujuan meni gkatkan silahturahmi dan mengembangakan budaya kompetisi antar sekolah-sekolah Muhammadiyah, serta untuk menjaring siswa-siswa berprestasi di berbagai bidang lomba untuk disiapkan menuju OlympicAD tingkat Nasional. Tahun ini OlympicAD diselenggarakan pada hari Sabtu tanggal 05 Januari 2019 bertempat di Gedung Muhammadiyah DIY dan Kampus Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Adapun perlombaan yang dilakukan dalam OlympicAD ini meliputi 20 cabang lomba dengan kategori jenjang SD/MI, SMP/MTs dan SMA/SMK/MA/MAK.
Tahun ini SMK Muhammadiyah Wonosari ikut andil dan berhasil menjuarai berbagai cabang lomba di OlympicAD PWM DIY 2019. Sebanyak 7 medali berhasil diraih, yang terdiri dari 3 medali emas dan 4 medali perak. Medali emas yang pertama diraih oleh cabang lomba Majalah Sekolah, yaitu Majalah Laskar Muda (Liputan Aspirasi dan Karya siswa SMK Muhi Kanada). Majalah Laskar Muda berhasil menjadi juara 1 dari majalah-majalah sekolah Muhammadiyah lainnya di DIY. Majalah ini dikelola oleh Tim Redaksi terdiri dari (1) Penanggungjawab Redaksi: Tsulistianta Subhan Aziz, S.Pd ; (2) Pimpinan Redaksi: Nindiya Eka Safitri, S.Pd; (3) Sekretaris Redaksi: Abdus Salam, M.Pd.I ; (4) Redaktur Pelaksana: Tanti Kurniah Sari, S.Pd, Mariska Amalia (siswi kelas XI AK 1), Dewi Kumala Sinta (siswi kelas XI AK 2), Heri Setyawan (siswa kelas X AK 2), Ivanka Ariyanti (siswi kelas XI AK 3), Bayu Ardiansyah (siswa kelas X MM 1); (5) Fotografer: Danang Istiaji, Miftahul Huda (siswa kelas XI MM 1), Endra Triyono (siswa kelas XI MM 1); (6) Desain & Layout: Eko Wahyudi, S.Pd; (7) Sponsorship dan Distributor: Ahmat Irfan Nurul Chairi, S.Sos.I, Novi Kusuma Ningrum, S.Pd. Majalah ini merupakan wadah civitas akademika SMK Muhammadiyah Wonosari dalam mengembangkan budaya menulis, jurnalistik dan tentunya sebagai pendukung Gerakan Literasi Sekolah.
Sedangkan medali emas yang kedua diraih oleh cabang lomba Film Indi. Film dengan judul “Menggapi Asa” ini digarap oleh siswa-siswa berprestasi jurusan Multimedia yaitu, Endra Triyono (siswa kelas XI MM 1), Muhammad Abdul Karim (siswa kelas XI MM 1) dan Muhammad Jaka Aditia (siswa XI MM 1). Pemain dalam film ini melibatkan siswa dan guru SMK Muhammadiyah Wonosari yang menguasai peran acting, kemudian dikemas sedemikian rupa menjadi film yang apik. Kemudian, medali emas ketiga diraih oleh Nisa Aulia Nurohmah (siswi kelas X PB) dari cabang lomba MTQ Putri. Peraih medali emas ini selanjutnya akan bersiap untuk OlympicAD tingkat Nasional Tahun ini (menunggu jadwal resmi).
Selanjutnya, medali perak pertama diraih oleh cabang lomba Tapak Suci, yaitu Tim Tapak Suci Putra SMK Muhammadiyah Wonosari yang beranggotakan Bambang Sutrisno (siswa kelas X TBSM), Yoga Ardiansyah (siswa kelas X JB) dan Bayu (siswi kelas X AK 2). Medali perak kedua diraih oleh cabang lomba Ismu in English yang diwakili oleh Mayshe Mur Afifah (siswa kelas XI AK 2). Medali perak ketiga dari cabang lomba Kaligrafi, yaitu oleh Cakraningrat (siswa kelas XI AN). Sedangkan medali perak yang keempat diraih oleh salah satu guru SMK Muhamamdiyah Wonosari, yaitu Ibu Nindiya Eka Safitri, S.Pd dalam cabang lomba Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Guru Muhammadiyah.
Prestasi di ajang OlympicAD ini menjadi indikator bahwa siswa SMK Muhammadiyah Wonosari memiliki sejumlah potensi yang berdaya saing dan siap menang diperbagai kompetisi. “Prestasi-prestasi tidak lepas dari usaha dan kerja keras siswa dan Bapak/Ibu guru pembimbing sehingga kita patut mengapreasi segenap pihak dan menjadikannya cambuk untuk perlombaan-perlombaan selanjutnya yaitu tingkat nasional, ” tutur Kepala Sekolah, Tsulistiamta Subham Aziz, S.Pd. Selanjutnya, Waka ISMUBA, Athun Fathonah Kurmiah Sari, S.Pd.I mengatakan “Dalam waktu dekat, para siswa yang juara akan terus digembleng untuk maju tingkat nasional sehingga memperoleh hasil yang memuaskan”.