SEBUAH KEBARUAN DI SMK MUHI KANADA

Merajut Niat, Memupuk Semangat dan Menguras Keringat Menuju Sekolah Unggul, Berkarakter dan Berdaya Saing

SMK Muhammadiyah Wonosari memiliki sejumlah hal baru di tahun ini. Pertama, dalam rangka program Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Ajaran 2018/2019 SMK Kanada melakukan serangkaian kegiatan yang dimulai sejak bulan April. Kegiatan tersebut meliputi Outbond di SMP dan MTS, sosialisasi sekolah di beberapa sekolah SMP/sederajad yang tersebar di seluruh Gunungkidul. Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka memberikan gambaran secara menyeluruh mengenai sekolah sekaligus menarik minat siswa-siswi SMP/MTS untuk mendaftarkan diri di SMK Muhi Wonosari. Adapun pendaftaran siswa baru tahun ini terbagi menjadi dua gelombang. Pada gelombang 1 yaitu jalur minat dilaksanakan pada tanggal 1 Maret – 30 Juni 2018 dan jalur DANUM yang dilaksanakan sesuai dengan ketentuan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Pada gelombang 1, seleksi masuk berdasar jalur bakat-minat/prestasi dengan kelebihan tidak ada seleksi nilai dan diberikan 3 pasang seragam sekolah secara gratis. Sedangkan di jalur DANUM telah dilakukan seleksi nilai dengan memperhatikan kuota.
Di tahun ini, jumlah pendaftar di SMK Muhammadiyah Wonosari mengalami peningkatan yang cukup besar dari tahun sebelumnya. Setia tahun sekolah memiliki peminat yang banyak sedangkan kuota yang disediakan SMK Muhi Wonosari pada Tahun Ajaran 2018/2019 sebanyak 320 siswa, dengan rincian: (1) Akuntansi 96 orang (3 kelas); (2) Perbankan Syari’ah 64 orang (2 kelas); (3) Multimedia 32 orang (1 kelas); (4) Animasi 32 orang (1 kelas); (5) Farmasi 32 (1 kelas); (6) Jasa Boga 32 (1 kelas); dan (7) Otomotif 32 (1 kelas). Berdasarkan hasil seleksi yang dilakukan panitia PPDB, terdapat 267 siswa yang dinyatakan diterima di SMK Muhammadiyah Wonosari. Siswa yang diterima pada tahun ajaran ini, berasal dari berbagai daerah di Gunungkidul bahkan dari luar DIY dengan persebaran sebagai berikut.
Kedua, kebaruan lingkungan pendidikan bagi siswa baru. Menjadi siswa SMk/sederajadnya tak lagi seperti siswa SMP/sederajadnya. Banyak hal yang harus dipersiapkan agar benar-benar siap menghadapi masa tersebut. Apa yang harus disiapkan siswa baru? Tentu NIAT, TEKAD, USAHA, IMAN. Pertama, NIAT. Niat dulu baru dijalani. Segala sesuatu yang akan kita jalani tergantung dari niat di awal. Jika niat diawal baik, pasti saat berjalanpun akan baik. Misalnya, kamu berniat memenangkan lomba lari 5 km, maka kamu akan berupaya untuk memenangkan lomba tersebut dengan terus berlatih agar fisikmu kuat dan siap untuk berlomba nanti. Sama halnya ketika kamu berniat melanjutkan sekolah kejenjang SMK agar nanti dapat tersalurkan didunia kerja sesuai dengan passion yang kamu inginkan, maka kamu akan berusaha untuk terus belajar dengan baik agar harapanmu kelak dapat terwujud. Tak sebatas niat, lalu mimpimu dapat kau gapai dengan menaikkan tangan. Tapi kau perlu TEKAD/kemauan. Sebatas niat, jika tidak ada kemauan maka tak ada gunanya. Mewujudkan mimpimu di masa yang akan datang, memerlukan kemauan/tekad yang kuat. Jika kau ingin menjadi akuntan yang handal, ahli dalam meracik obat-obatan, koki terkenal, ahli mekanik sepeda motor kau harus punya tekad yang kuat untuk mewujudkannya. Di samping itu, TEKAD harus diikuti dengan USAHA yang sungguh-sungguh. Gunakan masa-masa SMK untuk menggali potensi yang kau miliki, mengasah ilmu yang kau dapat dan melatih mentalmu. Jurusan yang kau pilih, tentu sudah kau sesuaikan dengan potensi yang ada di dalam dirimu, nah gunakan fasilitas yang ada disekolah untuk menggali lebih dalam potensi yang ada di dalam dirimu. Materi pelajaran yang diberikan guru kepadamu tak sekedar cerita yang masuk telinga kanan lalu keluar telinga kiri. Tetapi ilmu yang diberikan, suatu saat nanti pasti akan bermanfaat untukmu, jadi jangan sia-siakan. Jika kau tak mengerti suatu hal, tanyakan pada gurumu, gali terus ilmu yang dimiliki gurumu agar kau miliki juga. Tak melulu soal pelajaran, kau bisa menggali banyak hal yang positif dari guru-gurumu baik itu pengetahuan umum, pengalaman, hingga keteladanan yang beliau miliki.
Ketiga, terdapat jurusan baru di SMK Muhi Kanada, yaitu Teknik dan Bisnis Sepeda Motor. Teknik dan Bisnis Sepeda Motor adalah kompetensi keahlian pada Bidang Studi Keahlian Teknologi dan Rekayasa Program Studi Keahlian Teknik Otomotif yangmenekankan pada keterampilan pelayanan jasa mekanik kendaraan sepedamotor roda dua.Kompetensi Keahlian Teknik Sepeda Motor menyiapkan peserta didik untuk bekerja pada bidang pekerjaan yang dikelola oleh badan, instansi atauperusahaan pribadi (wirausaha). Pada tahun ajaran 2018/2019 ini SMK Muhi Kanada telah membuka untuk 32 orang (1 kelas). Meskipun masih baru, SMK Muhi Kanada berusaha semaksimal mungkin untuk mewujudkan pembelajaran bermutu sehingga dapat memunculkan lulusan yang kompeten, berkaitan dengan keterampilan perawatan dan perbaikan engine sepeda motor, sistem pemindah tenaga sepeda motor, chasis dan suspensi sepeda motor, dan sistem kelistrikan sepeda motor. Dengan harapan lulusan ini dapat terserap di dunia kerja sebagai; (1) Teknisi atau Mekanik pada Bengkel Sepeda Motor; (2) Teknisi perakitan atau teknisi produksi pada industri Sepeda Motor, dan (3) Wirausahawan dalam bidang Otomotif (Bengkel Sepeda Motor).
Keempat, adalah hati baru di bulan Syawal. Tanggal 1 Syawal adalah hari kemenangan umat muslim seluruh dunia, merayakan kejayaan atas kemenangan dalam memerangi hawa nafsu selama bulan Ramadhan. Semua umat muslim saling berbondong-bondong mengikuti Sholat Idul Fitri dilanjutkan saling bermaaf-maafan satu sama lain, dengan keluarga, sanak saudara dan teman. Setelah bermaaf-maafan, maka di bulan Syawal ini, kita memiliki hati yang baru, hati yang kembali ke fitrah (kesucian). Dalam keadaan fitrah ini, maka hendaknya kita semakin memperbaiki diri dan meningkatkan keimanan kepada Allah. Oleh sebab itu, keluarga besar warga SMK Muhammadiyah Wonosari mengucapkan “Minal Aidin Wal Faidzin, Mohon Maaf Lahir dan Batin”. Dengan momen Idul Fitri ini, mari saling memperbaiki diri dalam bekerja dan menjalankan tugas pendidikan dengan dilandasi iman dan taqwa kepada Allah, agar terwujud kehidupan yang baik sekaligus berpengaruh terhadap terwujudnya sekolah yang unggul, berakhlakul karimah dan berdaya saing global.
Kebaruan yang tengah dialami tidak hanya dinikmati begitu saja. Namun, juga perlu disikapi dengan baik. Dalam artian, SMK Muhammadiyah Wonosari akan menyambut kedatangan siswa baru dengan kegiatan-kegiatan pengenalan kampus, disertai dengan kegiatan-kegiatan positif pengembangan bakat-minat dan kedisiplinan. Selanjutnya, SMK Muhammadiyah Wonosari akan menyelenggarakan pendidikan sebaik-baiknya terhadap seluruh siswa, termasuk siswa pada jurusan baru. Dengan demikian, kebaruan tidak hanya dijadikan kebanggaan melainkan menjadi gebrakan untuk menciptakan kebaruan lain yang lebih tinggi maknanya. Semua itu demi kemajuan SMK Muhi Kanada pada khususnya, dan kemajuan pendidikan Indonesia pada umumnya.