(0274) 391393 info@smkmuhi-wno.sch.id Jalan Alun-alun Barat 11 Wonosari

Profil Kapro Multimedia & Animasi

Nama Lengkap                        : Purnawan, S.Kom.

Tempat, Tanggal Lahir           : Pasema Air Keruh, 27 Maret 1978

Alamat                                    : Mojo RT 004/RW 003, Dadapayu, Semanu, GK

Pendidikan                              : S1 Pendidikan Komputer

Deskripsi Jurusan Multimedia

Multimedia berhubungan dengan ilmu tentang penggunaan ataupun pembuatan media lebih dari satu macam media untuk menyajikan informasi, seperti video clip, film pendek, film dokumenter dan sebagainya.Adapun hal-hal yang dipelajari di program keahlian Multimedia diantaranya adalah:

  • Photoshop (mengedit/memanipulasi foto)
  • Corel Draw (membuat logo/maskot, membuat karakter, membuat gambar berbasis vector)
  • Movie Editor (mengolah file video hasil shooting menjadi sebuah produk seperti video clip, film pendek, film dokumenter dan sebagainya)
  • Keterampilan dalam berimajinasi, untuk selalu memperdalam seni dalam desain grafis, desain Web, animasi 2D dan 3D,serta sinematography, yang disajikan langsung menggunakan perangkat teknologi komputer yang canggih.

Kompetensi Lulusan Multimedia

Lulusan Multimedia akan  mampu bersaing ketat di dunia kerja di bidang desain grafis, desain Web, Animasi, serta dunia perfilman dan masih banyak lagi, karena didukung dengan keterampilan dasar komputer sampai pada pengolahan data tingkat tinggi, sehingga lulusan Multimedia mampu mencetak tenaga kerja profesional siap pakai.

Lapangan Kerja Lulusan Multimedia

Dengan bergabung di program keahlian Multimedia akan didapatkan banyak sekali manfaat, khusunya untuk bekal bekerja. Adapun pekerjaan yang relevan untuk lulusan Multimedia adalah bekerja sebagai desain grafis, Desainer 3D, Animator, perancang  Multimedia, dan masih banyak lagi.

Deskripsi Jurusan Animasi

Animasi merupakan program keahlian yang cocok untuk orang yang memiliki mimpi menjadi Animator, memiliki ketertarikan membuat dan menggerakan karakter, dan memiliki imajinasi tinggi tentang karakter film. Selain itu, keterampilan dalam bidang Animasi sangat banyak dibutuhkan di pasar kerja dengan gaji yang menjanjikan. Pada bidang Animasi, satu produk dapat ditampilkan dalam berbagai bentuk yang inovatif untuk meningkatkan minat pengguna.

Kompetensi Lulusan Animasi

  • Paham tentang ilmu Animasi, mulai dari dasar-dasar Animasi, gambar proyeksi, pembuatan iklan sampai dengan pembuatan proyek
  • Memiliki jiwa seni imajinasi tinggi
  • Mampu menciptakan karya seni yang menarik dan berdaya saing
  • Paham tentang persyaratan rekruitmen pekerja bidang animasi

Lapangan Kerja Lulusan Animasi Lulusan program keahlian Animasi umumnya bekerja sebagai Animator di perusahaan (untuk membuat iklan dagang, baik barang maupun jasa) atau di stasiun televisi (untuk membuat iklan layanan masyarakat dan berbagai bentuk promosi/sosialisasi.