Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2019 tingkat SMA/K tinggal beberapa lagi yaitu hari Senin-Kamis, 25-28 Maret 2019. Selain kegiatan pendalaman materi, SMK Muhammadiyah Muhammadiyah Wonosari juga menyelenggarakan kegiatan pembekalan rohani, berupa kegiatan khataman akbar dan do’a bersama. Kedua kegiatan dilakukan bersamaan pada hari Sabtu, 23 Maret 2019 di Lantai Dasar Masjid Agung Al-Ikhlas Wonosari. Khataman akbar diikuti oleh seluruh siswa-siswi kelas XII, guru dan karyawan SMK Muhammadiyah Wonosari dengan menyelesaikan juz 1 sampai dengan juz 30 dilanjutkan dengam do’a khotmil qur’an.

Selanjutnya adalah kegiatan do’a bersama jelang UNBK 2019. Kegiatan ini diikuti oleh siswa kelas XII, guru dan karyawan, orang tua/wali siswa kelas XII dan pengurus komite sekolah. Kegiatan do’a bersama didahului dengan tausiyah oleh Drs. H. Zamari. “Jangan jadikan ujian sebagai beban, karena sesungguhnya ujian itu adalah ibadah. Hadapi ujian dengan perbanyak kesabaran, sholat, do’a dan ikhtiar secara ikhlas”, tutur beliau. Sejumlah do’a untuk memohon kemudahan dan kelancaran ujian juga diajarkan kepada siswa.

Dalam sambutannya, Wakil Kepala Sekolah Urusan Kurikulum, Dra. Eny Murwaningsih, MM.Pd. menghimbau siswa-siswi kelas XII agar tenang dan semangat dalam menghadapi seluruh rangkaian ujian akhir, meliputi UNBK, UKK Sekolah, UKK Nasional sampai dengan Ujian Praktek sampai dengan pertengahan April nanti.  Sekolah telah memberikan sejumlah program Sukses UN kepada  siswa kelas XII Tahun Ajaran 2018/2019 agar siap menghadapi ujian serta mencapai kelulusan 100%. Selanjutnya, Ketua Komite Sekolah, Bambang Setiawan, BS,  (Kepala Desa Kepek,  Wonosari), juga menyampaikan bahwa kesuksesan siswa-siswi dalam menghadapi ujian sangat dipengaruhi oleh dukungan dan do’a orangtua. “Segenap orang tua/wali mengucapkan terimakasih kepada sekolah yang telah membekali siswa dengan sejumlah materi ujian. Mari kita bersama-sama ikut berdo’a dan menyediakan fasilitas yang diperlukan anak sebelum ujian, “tutur Bambang Setiawan, BS. Selama kegiatan berlangsung, orang tua/wali nampak antusias mendengarkan tausiyah dan mengikuti do’a bersama. Semua dilakukan demi kelancaran dan kelulusan putra-putrinya. Sebagaimana pendapat salah satu wali murid, bahwa beliau juga ikut deg-degan karena ujin nasional semakin dekat dan setiap hari terus berdoa supaya anaknya lulus dengan nilai yang baik. Di akhir acara, dilakukan acara halal bi halal,  maaf memaafkan antara siswa, guru dan karywan serta orang tua/wali. Serangkaian kegiatan ini diselenggarakan dengan tujuan memberikan bekal rohani serta memberikan motivasi siswa menjelang ujian, dengan harapan seluruh siswa-siswi kelas XII SMK Muhamamdiyah Wonosari Tahun Ajaran 2018/2019 dapat lulus 100% dengan nilai yang memuaskan.