Setiap bulan Februari tiba, SMK Muhammadiyah Wonosari menggelar serangkaian kegiatan berkaitan dengan Pemahaman tentang Hukum dan Larangan Merayakan Hari Valentine. Di bulan Februari tahun 2019 ini, kegiatan-kegiatannya dikemas dalam bentuk GENOVA (GErakan NO VAlentine), terdiri dari 3 kegiatan yaitu pembuatan poster “No Valentine”, Class Project berupa Video Edukasi “No Valentine Day” dan Kajian “No Valentine Day”. GENOVA sendiri telah dilakukan sejak Minggu I (pertama) bulan Februari dengan tujuan agar sebelum tanggal 14 Februari, pemahaman hukum dan larangan tentang Valentine Day sudah tersebar luas.



Pembuatan poster “No Valentine Day” dimaksudkan untuk menciptakan media edukasi guna memberikan pengertian dan peringatan kepada seluruh civitas akademika SMK Muhammadiyah Wonosari dan masyakarat umum berkaitan dengan Valentine Day. Poster ini dipublikasikan melalui berbagai akun media sosial sekolah, seperti facebook, instagram, website, twitter dan lain sebagainya. Rangkaian kegiatan selanjutnya adalah Class Project video edukasi “No Valentine Day” yang melibatkan siswa-siswi kelas X SMK Muhammadiyah Wonosari. Setiap kelas diberikan kewajiban untuk menyusun video edukatif dan kreatif yang di dalamnya memuat pesan moral tentang anjuran tidak merayakan Valentine. Video kemudian dikirimkan kepada guru ISMUBA untuk direview, selanjutnya video wajib diunggah ke situs youtube dan dipublikasikan ke berbagai media sosial. Hingga hari ini telah terkumpul sebanyak 10 video pilihan yang siap dipublikasikan.


“Kedua kegiatan di atas sangat relevan dengan perkembangan siswa yang saat ini merupakan siswa millenial alias siswa melek teknologi. Pembelajaran luar kelas berbasis digital telah diwakili oleh kegiatan ini yang tidak lain juga dimaksudkan untuk mengembangkan budaya literasi digital bagi para siswa,” ungkap Kepala SMK Muhammadiyah Wonosari”


ungkap Kepala SMK Muhammadiyah Wonosari, Tsulistianta Subhan Aziz S.Pd.

Kegiatan yang ketiga adalah Kajian No Valentine Day pada Hari Rabu 13 Januari 2019 bertempat di Lantai Dasar Masjid Agung Al-Ikhlas Wonosari. Kajian kali ini mengambil tema “Ngaku Islam Kok Ikut Valentine” yang diisi oleh Ust. Jauhari Amrullah, Pembina University Residence Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Kajian edukatif ini melibatkan seluruh siswa kelas X dan XII serta Guru dan Karyawan SMK Muhammadiyah Wonosari. Hal-hal yang dibahas dalam kajian ini diantaranya adalah tentamg hakikat cinta dan mencintai, media sosial di kalangan remaja dan bahayanya, kenakalan remaja, makna valentine yang sesungguhnya dan pandangan Islam tentang Valentine Day.

Pesan moral yang dapat dipetik dan ditanamkan dalam diri siswa adalah (1) Jangan mengatasnamakan cinta demi memenuhi hawa nafsu pribadi; (2) Jika tidak ingin menyerupai kaum lain, maka jangan merayakan Valentine Day; (3) Jadikanlah masa remaja sebagai masa yang indah untuk ibadah dan menjalih cinta berdasarkan syari’ah.

Ibu Athun Fathonah Kurniasari, S.Pd.I, Waka Sekur ISMUBA SMK Muhammadiyah Wonosari mengungkapkan bahwa orientasi kegiatan ini tidak semata-mata untuk siswa SMK Muhammadiyah Wonosari tetapi harapannya seluruh siswa dapat menyampaikan pesan moral dari serangkaian GENOVA ini kepada teman-teman dan orang sekitar.

Dengan demikian, dakwah tentang “No Valentine Day” dapat berjalan dan berdampak positif untuk tahun-tahun selanjutnya. Selanjutnya, kegiatan serupa akan diupayakan agar dapat berlangsung secara terus-menerus dengan kegiatan yang lebih variatif dan menarik.