RENCANA PENGEMBANGAN SMK MUHAMMADIYAH 1 WONOSARI

RENCANA PENGEMBANGAN SMK MUHAMMADIYAH 1 WONOSARI

JL. ALUN-ALUN BARAT No. 11 WONOSARI GUNUNGKIDUL TELP 0274-391343


Syari'ah

RENCANA PENGEMBANGAN SEKOLAH DAN PROGRAM KEGIATAN SEKOLAH A. Umum. Rencana Kerja Tahunan SMK Muhammadiyah I Wonosari merupakan pelaksanaan dari program kerja jangka panjang dan jangkah menengah, yang disusun dan ditetapkan mulai tahun pelajaran 2010/2011. Secara garis besarnya, program kerja ini mencakup program kegiatan yang akan dilaksanakan di sekolah, yang disusun berdasarkan skala prioritas sesuai dengan kebutuhan yang mendesak pada saat ini. Program ini dibagi menjadi beberapa kegiatan, yaitu: 1. Kegiatan yang sifatnya pengadaan sarana dan prasarana yang masih kurang untuk menunjang pembangunan Pendidikan. 2. Kegiatan yang sifatnya peningkatan atau perbaikan. Hal ini dilakukan mengingat sekolah kami belum seluruhnya memenuhi persyaratan, baik daya manusianya maupun sarana/prasarana yang ada. 3. Kegiatan yang sifatnya pengembangan yang sesuai dengan perkembangan IPTEK. Sekolah berupaya untuk mendayagunakan sumber daya guna memenuhi tuntutan dan tantangan kehidupan, sehingga lulusan diharapkan memiliki kemampuan dan keterampilan yang layak untuk bekal hidup dimasyarakat. B. Pengadaan Sarana Sesuai dengan program jangka panjang dan jangka pendek SMK Muhammadiyah I Wonosari, Program Kegiatan Bidang Sarana yang akan dilaksanakan pada tahun pembelajaran 2010/2011 adalah Pengadaan Laboratorium Komputer. C. Kondisi Sumber Daya Sekolah 1. Jumlah pendaftar ke SMK Muhammadiyah I Wonosari dari tahun ketahun mengalami peningkatan. 2. Jumlah ruang belajar yang ada di SMK Muhammadiyah I Wonosari, sampai saat ini belum memadai. 3. Keberadaan orang tua siswa umumnya termasuk kategori ekonomi lemah. 4. Ada keinginan meningkatkan mutu lulusan, sedangkan sarana pendukung untuk mencapai hal tersebut belum memadai. D. Sasaran/Tujuan Situasional Sekolah 1. Meningkatkan kualitas sekolah dengan cara: - Meningkatkan kompetensi guru dalam penyusunan silabus kurikulum 2009, penyusunan perangkat penilaian berbasis kompetensi yang diintegrasikan, mengembangkan model-model pembelajaran yang inovatif. - Mengoptimalkan kreativitas siswa 2. Meningkatkan kuantitas (jumlah) siswa Direncanakan pada tahun pelajaran mendatang (2010/2011) akan ada penambahan jumlah siswa. Hal ini dilakukan sehubungan dengan adanya keinginan dan desakan orang tua siswa. Oleh karena itu, penambahan RKB (Ruang Kelas Baru) harus diupayakan. . .

IDENTIFIKASI FUNGSI-FUNGSI SASARAN


Syari'ah

Sasaran 1 (satu)
Meningkatkan kompetensi guru dalam penyusunan Silabus Kurikulum 2009, penyusunan perangkat penilaian berbasis kompetensi yang diintegrasikan, mengembangkan model-model pembelajaran yang inovatif..

No

Fungsi

Faktor Internal

Faktor Eksternal

1.

 

 

 

2

 

 

3.

 

 

4.

Fungsi PBM:
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan tuntutan Kurikulum 2004.

 

Fungsi Ketenagaan:
Meningkatkan Kompetensi Guru

 

Fungsi Sarana dan Prasarana
Melengkapi sarana dan prasarana.

Fungsi Keuangan
Memprioritaskan penggunaan dan untuk PBM/KBM.

Kesiapan guru dalam mengembangkan silabus dan alat penilaian serta pengembangan model pembelajaran input siswa yang masih rendah.

Relevansi kompetisi guru dengan mata pelajaran yang diajarkan.

 

      • Ruang Belajar

 

      • Alat Peraga

 

Kesiapan Data

      • Metode dan Bahan pelajaran yang belum lengkap
      • Evaluasi yang belum konsisten

 

      • Kualitas guru yang masih rendah
      • Kreatifitas guru yang belum optimal.

 

      • Penyediaan Sarana PBM

 

      • Dukungan pemerintah
      • Dukungan orang tua siswa

 

 

Sasaran 2 (Dua)
Mengoptimalkan Kreatifitas Siswa


No

Fungsi

Faktor Internal

Faktor Eksternal

1.

 

 

 

 

 

2

 

3.

 

4.

Fungsi PBM:
Memiliki kemampuan di bidang fisika, biologi, kimia, dan matematika.
Memiliki kemampuan dibidang Bahasa Inggris
Memiliki Kemampuan di bidang Komputer, termasuk kemampuan dibidang Broadcasting.

Fungsi Ketenagaan
Mengoptimalkan sumber daya (guru) yang ada.

Fungsi Sarana dan Prasarana:

 

Fungsi Keuangan:

      • Guru mata pelajaran yang terkait belum berpengalaman.
      • Minat dan aspirasi siswa yang cukup tinggi.

 

 

 

Beban guru terlalu banyak

 

      • Ruang Belajar
      • Alat Praktikum

 

Kesiapan Data

      • Kemampuan guru masih rendah
      • Kreatifitas guru belum optimal.

 

 

 

 

Kemampuan guru yang masih rendah.

 

Menyiapkan sarana dan prasarana yang memadai

      • Dukungan pemerintah
      • Dukungan masyarakat

 

    1. Alternatif Pemecahan Masalah

Banyak hal yang dihadapi sekolah sehubungan dengan peningkatan mutu lulusan, terutama yang menyangkut masalah data. Alternatif yang ditempuh oleh pihak seklah dalam upaya mengatasi permasalahan tersebut antara lain sebagai berikut:

  1. Bekerjasama dengan pihak orang tua siswa melalui komite sekolah
  2. Mengalokasikan dana sesuai dengan kebutuhan
  3. Disiplin anggaran
  4. Memprioritaskan hal-hal yang prinsip
  5. Memperdayakan sumberdaya yang ada. 
    1. Rencana Pembangunan Mutu

Rencana program peningkatan mutu lebih baik difokuskan pada peningkatan mutu yang lulusan baik, yang bersifat  akademik maupun yang bersifat non akademik. Oleh karena itu, sasarannya dimulai dari guru dan staf sekolah, kemudian baru kepada siswa.

  1. Program peningkatan mutu lulusan dengan meningkatkan kompetensi guru di bidang kurikulum 2004 (KBK), melalui
    1. Peningkatan kompetensi guru dalam penyusunan silabus kurikulum 2009
    2. Peningkatan kompetensi guru dalam penyusunan perangkat penilaian berbasis kompetensi yang di integrasikan dengan life skill.
    3. Mengembangkan model-model pembelajaran yang inovatif.
  1. Mengoptimalkan kreatifitas siswa di bidang:
    1. Fisika, IPA, kimia dan matematika
    2. Bahasa Inggris
    3. Komputer, termasuk kemampuan dibidang broadcasting
    4. Keterampilan lainnya.
  1. Meningkatkan keberadaan perpustakaan sekolah
    1. Menambah buku paket.
    2. Menambah buku koleksi dari dana swadaya (Sumbangan siswa)

 

  1. Menyiapkan lulusan memiliki kemampuan untuk hidup mandiri dan memasuki dunia kerja.
  2. Menyiapkan lulusan yang memiliki rasa tanggung jawab terhadap diri sendiri, keluarga, masyarakat, bangsa dan negara.
  3. Menyiapkan lulusan menjadi warga negara yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berbudi pekerti luhur.